web 2.0

Bisnis PARFUM ISI ULANG Yang Makin Harum

Piquant PancoranPIQUANT di Koran Jakarta,

Sabtu 24 April 2010.

Keberadaan parfum isi ulang sangat mudah ditemui, di pusat keramaian maupun pusat perbelanjaan. Kebutuhan masyarakat akan parfum mendukung bisnis parfum isi ulang bak jamur di musim penghujan.

Harganya yang terjangkau membuat masyarakat dari segala kalangan meliriknya. Furqan AMC, pemilik Piquant Refill Perfume, berkomentar, “Refill perfume dipandang sebagai peluang usaha yang bagus karena melihat kenyataan bahwa parfum sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi masyarakat dari semua kalangan”.

Namun kebutuhan yang semakin meningkat terhadap parfum, terkendala pemenuhannya karena harga parfum melambung pascakrisis moneter 1998.”

“Hal ini dikarenakan konversi dollar melambung tinggi, mengingat mayoritas parfum berkualitas tinggi, semuanya diimpor dari luar negeri.

Kurs dollar yang melonjak membuat parfum yang tadinya berkisar 100 ribu–300 ribu rupiah (sebelum 1998), sekarang menjadi 500 ribu–1 jutaan rupiah,” ungkap pemilik gerai parfum yang berdiri semenjak 2006 itu.

Oleh karena itu, tambah Furqan, segmen yang dibidik adalah kelas menengah ke atas yang menyukai produk dengan harga miring, namun tetap berkualitas.

Salah satunya adalah mahasiswa dan pekerja kantoran. Agar tetap up to date dengan perkembangan parfum mancanegara, ia mengaku rajin membaca majalah-majalah lifestyle maupun Internet.

”Kalau ada aroma baru, biasanya kita uji respons konsumen terlebih dahulu, di satu atau dua toko milik kita.

Kalau responsnya bagus, baru kita sebar di setiap toko,” paparnya lengkap. Toko parfum isi ulang yang Furqan miliki berjumlah 19 counter dan tersebar di Jabodetabek.

Menyediakan lebih dari 600 aroma, baik lokal maupun impor. Pengunjungnya bervariatif, mulai dari mahasiswa, pekerja, hingga artis dan pejabat.

“Kalau lagi ramai, jumlahnya bisa sampai 50 – 100 orang per hari. Kalau lagi sepi, hanya 10 – 20 orang. Begitu pula dengan omzet, variatif, mungkin kalau mau diratarata, 500 ribu – 1 juta rupiah (per hari kalau sedang ramai),” ungkapnya buka rahasia dapur. Lelaki itu menambahkan, pada dasarnya wangi itu seperti warna.

Warna apa pun adalah kombinasi dari beberapa warna dasar yang dicampur berdasarkan takaran tertentu.

Ada kombinasi floral (bunga-bungaan), Citrus (lemon, tangerine, dan ciementine), Fresh Fruits (perpaduan tumbuhan dan buah-buahan), dan sebagainya.

Ragam wewangian tersebut diproduksi melalui penelitian panjang dari laboratorium- laboratorium pabrik minyak wangi di Eropa, kemudian didatangkan ke Indonesia dalam bentuk bahan bakunya saja. “Sehingga tidak aneh kalau wanginya hampir tidak ada beda (baca: mirip sekali) dengan wangi parfum branded orisinal.”

Sebagai bocoran, menurut Furqan, label parfum bermerek pun tidak memproduksi bahan baku wewangiannya sendiri.

Hampir semua membeli bahan baku dari pabrik wewangian tertentu, lalu mengemasnya dalam botol yang didesain khusus, kemudian diberi merek. Parfum isi ulang yang berkualitas baik, dibuat dari 40 persen bibit dan 60 persen alkohol.

Sementara untuk kualitas super, dibuat dari 50 persen bibit dan 50 persen alkohol. Dan jika pembeli mau membayar lebih, untuk kualitas perfect penjual tak segan memberi 50 persen bibit dan 50 persen ethanol.

Meski baunya menyerupai merek parfum terkemuka, parfum isi ulang tidaklah menyalahi aturan berlaku. “Karena pada dasarnya yang diimpor adalah bahan bakunya, di mana aromanya mirip dengan wewangian brand tertentu.

Jadi jelas posisinya legal, karena diimpor resmi.” “Bahkan, beberapa pabrik wewangian di Eropa sudah ada yang mengembangkan produksinya di Indonesia.

Seperti halnya warna, tidak ada satu merek cat pun yang bisa memonopoli warna tertentu,” pungkas Furqan santai.
[mer/L-4]

Kontak PIQUANT REFILL PERFUME :

Alamat Kantor

Jl. Margonda Raya No. 516 B Depok, Jawa Barat-Indonesia

Hotline : (021) 78882603 – (021) 98709810 – 081319788499

INFO KEMITRAAN : 08112007788

www.refillperfume.com

www.facebook.com/refillperfume

www.twitter.com/refillperfume

e-mail : [email protected]

One Response to “Bisnis PARFUM ISI ULANG Yang Makin Harum”

  1. Piquant Refill Perfume memang luar biasa!

    PIQUANT MENJAWAB :
    Thanks, kepercayaan dan apresiasi anda adalah amanah bagi kami!

Leave a Reply